Toolbar AutoCad

pada AutoCad banyak sekali Toolbar yang bisa kita gunakan untuk mendukung penyelesaian pekerjaan gambar kita. Saya akan bahas sedikit tentang Toolbar mana saja yang sering digunakan, untuk penggambaran 2D tentunya.
Secara default atau standar, pada saat baru menginstal AutoCad, layar tampilan belum terdapat banyak Toolbar yang terpasang, maka kita dapat mengeluarkannya satu per satu Toolbar mana saja yang sekiranya akan sering kita pakai.


Layar tampilan menambahkan Toolbar
Cara menambahkan Toolbar bisa dengan cara klik kanan pada Toolbar yang sudah ada lalu akan keluar dialog seperti gambar diatas. Tinggal kita pilih Toolbar mana yang akan sering kita pakai.

Toolbar Standard
Seperti program lainnya berbasis Windows, Toolbar Standard digunakan untuk membuat layar kerja baru, membuka file, menyinpan file, plot (print), dll.

Pada AutoCad pada toolbar Standard terdapat perintah Pan (gambar telapak tangah ) yang gunanya untuk menggeser layar gambar, yang pada mouse yaitu cukup dengan menekan scrool sambil digeserkan layar sesuai view yang kita inginkan.

Selain tombol Pan, juga terdapat tombol Zoom, fungsinya adalah untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar, jika pada penggunaa menggunakan mouse yaitu dengan scrool ke depan (untuk memberbesar tampilan) dan crool ke belakang (untuk memperkecil tampilan).

Toolbar Draw
Pada toolbar draw terdapat perintah untuk membuat garis, lingkaran, segi banyak, dst.

Toolbar Modify
Toolbar modufy berisi perintah-perintah untuk memodifikasi objek, mulai dari menghapus, memperbanyak objek, dst.

Toolbar Properties
Toolbar Properties berisi perintah-perintah untuk mengubaj objek, misalnya pemilihan warna, jenis garis dan jenis tebal tipisnya garis.

Toolbar Dimension
Toolbar Dimension digunakan saat kita ingin memunculkan dimensi suatu objek. Panjang-pendek garis, radius lingkaran, kemiringan, dll.

dalam penggunaannya, Toolbar dalam AutoCAD juga bisa kita rubah posisi (dipindahkan) sesuai dengan keinginan kita. Caranya dengan klik kiri pada dua garis diujung Toolbar lalu geser ke mana Toolbar akan ditempatkan.
Dan apabila kita juga menginginkan supaya Toolbar tidak bisa dipindahkan, maka kita juga bisa membuat posisi Toolbar tetap dan tidak bisa dipindahkan dengan cara klik kanan pada salah satu Toolbar lalu pilih Lock Location lalu pilih all, ada di paling bawah.